Muslimah

🌹”Ada yang bertanya, mengapa wanita tidak boleh banyak tampil didepan umum, tidak boleh keluar rumah selalu, harus menutup seluruh tubuh rapat-rapat, ini dan itu dan banyak lagi yang nampaknya bagai tekanan. 🌹Maka jawabannya adalah, *You’re special!* 🌹

Semua yang ada didirimu adalah indah. Semua yang ada tanpa terkecuali. Suaramu, jalanmu, semua tentangmu. Bahkan namamu pun indah.. 

🌹Maka jangan buang title *”SPECIAL.”* mu itu dengan pergi keluar tanpa keperluan yang dibenarkan syari’at, berlemah lembut dengan yang bukan mahrammu. Apalagi sampai menunjukan kemolekan didepan umum.. 

🌹Ingatlah! Mutiara yang indah, terletak didalam cengkerang yang keras dan kuat dan hanya boleh ditemukan dilaut yang dalam, Tersembunyi. 💕

*Ustazah Ummu Hasan AlAlawiy* (Zaujah AlHabib Ali Zaenal Abidin Alkaff)💕 

🌷 *Az-Zahra*🌷

The Beauty of Tidore City

Waktu bahasa Inggris kita masih parah banget. Maklum lah, conversation ini dibuat pas kita belajar tentang Tourism. Kira-kira pas kita semester 4 atau… lupa. Hehe.

Ririn: Hello, good orning.

Lis: Hi. Morning.

Ririn: How do you do.

Lis: How do you do, too.

Ririn: Welcome to Tidore city, I am here as your tour guide. So, don’t mind to tell me what you want and what you need. Call me Ririn.

Lis: Ow, thank you very much for accompanying me. I am american, i am from New York and you can call me Lis.

Ririn: Ok Lis, here is our destination today, Tahula Fort.

Lis: Sounds great. And it is so interesting. The air in here is too fresh and cool. The panorama is also very beautiful. It’s amazing. Would you mind to tell me a little about this fort?

Ririn: Of course not. Well,  Tahula fort is one of the Spanish-made fortifications that stood on the island of Tidore. This fort is built on rocks which is a very good high point to observe the territorial waters and Tidore land. Spanish competition with the Portuguese also became one of the reasons for the construction of this fort.

Lis: Well, so, when did they build it up?

Ririn: Its construction began in 1610 and became a Spanish defense property until 1662.

Lis: I get the point. Hey, what building is over there?

Ririn: Oh, that’s Torre Tort.

Lis: Really, I can’t believe it. The distance between this place to there is not too far as I thought.

Ririn: Do you know that fort?

Lis: Yes, a little. I ever found the information about that fort on Google then I read it. What I know about that fort is it was built in 1578 by the Portuguese Captain Sancho de Vasconcelos is based on the approval of Sultan Gapi Baguna who was then ruled. The name of Torre is believed to be derived from the name of the other Portuguese Captain, Hernando de la Torre.

Ririn: Yeah, that’s right. wow, you know about it well. In addition, 

Both fort are built on a rock hill, on the west coast of Tidore Island overlooking Ternate. Its function is to become the center of defense over the spice hegemony.

Lis: Yeah, And what is the building  over there?

Ririn: Which building?

Lis: That one over there, the building which has 2 floors that dominated by yellow with a painted blue roof and on the right and left side, there are the ladder going up to the terrace on the upper floor. 

Ririn: Oh. Well, That’s Tidore sultanate.

Lis: Wow… Great, and it is not so far from here, too. This fort has a perfect location. 

Ririn: Miss. Lis, it’s time to have a lunch. Let’s continue it later. C’mon, come with me.

Lis: Okay, thank you.

Hijrah: Cemburu Padamu

Aku cemburu… kebangetan. Ya… aku cemburu sama kamu yang hebat dalam berHijrah. Aku bilang muslimah yang baik itu harus begini dan begitu tapi ada tahap-tahap yang belum sanggup aku lakukan. Aku cemburu kamu lebih baik dalam hal ini… jauh lebih baik daripadaku. Aku mau kita berdua bergenggam tangan dan berjalan bersama tapi rasanya aku tidak mampu. Kamu Istiqomah, sedangkan aku? Jangan tanyakan… aku… aku…. aku masih kalah melawan nafsu. Betapa aku malu bercampur bahagia berada didekatmu. Aku malu karena tidak mampu sepertimu dan bahahia karena kamu mampu sampai ke tahap itu.

Aku cemburu, kamu sanggup menjauhi semua lelaki yang bukan muhrimmu termasuk sepupumu sedangkan aku? Aku punya sahabat lelaki yang aku tidak tega menjauhi tiba-tiba. Kamu rela berjalan berkilo-kilo meter padahal sepupu siap membantumu, tapi dengan tegas kamu bilang “aku tidak mau boncengan dengan laki2” terus aku katakan “tapi dia sepupu kamu” dengan senyuman manis itu kamu berujar “dia sepupu dan dia tetap laki-laki yang bukan mahram bagiku”, rasanya ada petir menyambar didalam sana, dan tentu aku malu mengatakan padamu bahwa saat ini, aku masih keseringan boncengan sama kawan lelaki dan juga sepupuku, padahal aku tahu betul mereka haram bagiku dan aku masih terus bersama mereka dengan jarak hanya seinci. Aku cemburu, dalam kontak HPmu, tidak aku temukan nomor laki2 didalamnya. Aku cemburu ketika kamu mengabaikan panggilan (telepon) dari mereka (laki2) padahal diantara mereka, ada yang kamu sayang dan berharap bisa dekat dengannya. Masha’Allah… bagaimana kamu bisa melakukan itu? Itu perkara sulit bagiku.  Terlalu berdebukah hati ini? Pudarkah cahayanya? Mengapa aku tidak mampu seperti mu? Aku malu pada diriku sendiri ketika kamu memanggil aku Zahidah. Haha… wait what? Zahidah? Dengan diriku yang seperti ini kamu panggil aku Zahidah? Tahukah kamu apa arti Zahidah itu? Seandainya kamu tahu, kamu akan berhenti memanggilku Zahra dan Zahidah. Aku bangga memiliki kamu dalam hidupku. Satu-satunya orang didekatku yang MAMPU membuat aku CEMBURU.  padahal sebelumnya, aku tidak pernah sedikitpun cemburu terhadap orang lain apalagi cuma masalah dunia? Andai kamu tahu berapa banyak “Masha’Allah” selalu dan dan selalu terucap dalam hati ketika aku berada disismu. Aku bahagia kamu adalah teguran yang tak bersuara. Allah punya tujuan mempertemukan aku denganmu. 

Betapa hebatnya badai nafsu dan aku harus menerjangnya, meninggalkan musik, menjauhi orang-orang yang aku sayang (teman laki2), meninggalkan ini dan itu yang mampu sangat berat bagiku, tapi aku bahagia, kamu menggenggam tanganku agar aku tidak terjatuh ditengah-tengah badai. Setiap detik berada didekatmu adalah berharga karena aku akan ditampar oleh teguran tak bersuaramu yang sering membuat aku cemburu itu. Aku tidak akan cemburu padamu lagi, Insha’Allah. 

Bukankah aku cemburu seperti ini adalah cemburu yang baik? Allah menyuruh kita cemburu pada orang yang mementingkan urusan akhirat, bukan urusan dunia. Masha Allah, Allah beri aku KAMU supaya aku memperbaiki ibadah dan ketaatanku kepadaNya, Alhamdulillah.

 Biarlah aku kehilangan teman2 dekatku (yang laki2), biarlah aku dijauhi dan dibenci teman2ku (yg perempuan), biarkan aku dibenci si A dan si B dll, biarkan aku dicap sombong, itumah makanan manusia yang berlabel Introvert dan aku sudah kenyang dengan komentar2 itu. Alhamdulillah, Aku….. BAHAGIA karena ALLAH.

By: Ririn Yastiawijaya

HIJAB Itu WAJIB Ketika SUDAH BALIGH Bukan ketika SUDAH BAIK

 Copas▶ ‎Motivasi Hijrah Indonesia

*HIJAB Itu WAJIB Ketika SUDAH BALIGH Bukan ketika SUDAH BAIK*

“Ih pake jilbab tapi kok omongannya pedes”

“udah berjilbab tapi masih suka ghibah, gimana sih?” 

“Pake jilbab tapi kelakuannya ga bener” 

“yang penting hati dulu dijilbabin baru deh badan nya, daripada pake jilbab tapi ga bener. Dasar kerdus!” (kerudung dusta).

Pasti pernah dengar kalimat seperti itu…

Yang harus diluruskan adalah seorang muslimah yang memakai jilbab tidak berarti bersih dari dosa, tidak lepas dari khilaf, tidak memberikan label suci terhadap pemakainya, dan akhlaq yang belum baik tidak lantas mengubah hukum jilbab dalam Islam, yaitu wajib untuk semua muslimah yg sudah baligh.

Entah bagaimana akhlak muslimah tersebut, Baik atau tidak perilaku seorang muslimah, dia tetap wajib memakai jilbab . Karena jilbab dan akhlak adalah dua hal yg berbeda dan tak bisa dikaitkan satu sama lain apabila diantara keduanya belum baik.

Muslimah yang berjilbab belum tentu baik, tapi muslimah yang baik pasti berjilbab .

Allah berfirman yang artinya;

“Hai nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. ” yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi maha Penyayang.” 

(QS. Al Ahzab : 59).

Dalam ayat lainnya;

“ Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. ” (QS. An Nuur: 31).

Teruslah berusaha menjadi muslimah yang baik…dan selanjutnya biarkan Allah azza wa jalla yg menyempurnakannya.

Sahabat: Sepotong Kisah Tentang Kita

Kisah dua orang yang telah bersahabat begitu dekat. Bersahabat dekat bukan berarti tidak ada masalah yang akan mereka temui didalam hubungan itu. Sulit untuk menggambarkannya, mereka bersahabat namun terkadang mereka terlihat seperti bermusuhan, saling menyakiti satu sama lain, baik sengaja maupun tidak, namun mereka saling menyayangi dan tidak ingin berpisah sama sekali, ini aneh tapi nyata.

Ego sering menumpahkan air mata dari keduanya. Mereka selalu mempertahankan ego  mereka masing-masing walau pada akhirnya pasti ada salah satu diantara mereka yang harus mengalah dengan air mata mengalir.

Banyak masalah yang mereka berdua hadapi, mengapa? Karena mereka berdua mempumyai kepribadian yang bertolak belakang. Hal itu sering membuat mereka bertengkar dan mempertahan ego mereka, namun apabila diantara keduanya tidak ada yang mengalah maka hubungan itu akan terputus, mereka tidak akan bersabat lagi.

——————————————————-

Senja mulai menampakan wajahnya, tanda sebentar lagi akan Maghrib, terdengar ada yang mengetuk pintu kostku dari luar, bisa kutebak siapa orangnya karena bunyi langkah kakinya yang tidak asing lagi bagiku, hah, ternyata ia pamit pulkam, aku agak kaget karena bagiku itu benar-benar suatu hal yang tiba-tiba. Dia hanya pamit pulang kampung untuk 1-2 hari, aku tiba-tiba merasa sedih, tidak seperti biasanya, ya, ini yang pertama kalinya aku merasa sedih ketika ia pergi, padahal aku tahu ia akan kembali, namun aku merasakan something different. Akhirnya aku dapat memahami perasaannya ketika kita sedang bersama kemudian berpisah untuk beberapa hari, ya rindu.

Ia pamit, dan betapa hebatnya aku menahan airmata yang sudah menggenang ditelaga mata, namun aku bisa menahannya agar tidak menganak sungai, namun ketika ia pergi (naik angkot) dan melambaikan tangan kepadaku, air mataku langsung menitik secara bersusulan yang tak mampu kubendung lagi, baru satu detik mobil berlalu aku sudah merindukannya, Akhirnya aku paham perasaan rindunya juga. Aku duduk dipintu kost ku menunggunya naik angkot, dan setelah ia pergi, yang aku rasakan ketika masuk kembali kekamarku adalah merindukannya, tak kusadari bahwa dari tadi pipiku dihiasi oleh kristal bening yang bagiku sangat berharga itu,  oh man, what is happening to me??? I guess i will miss her when i want to praying.

And the last, I wish : she misses me too at the same time i miss her. Always and Forever.

She is the four-leaf clover that i have.

I love you my Khalilah.
Saturday on Feb, 11th 2017 

05:44 p.m

——————————————————

She’s my 🍀

Ku tak tahu mengapa saat kumulai coretan ini, keristal beningku yang berharga mulai terasa hangat mengalir turun perlahan dikedua pipiku yang belum juga kering dari whudhu yang kubasuh beberapa saat yang lalu (sambil menunggu adzhan, sekarang baru ngaji yang terdengar diMasjid). Entahlah apa yang aku rasakan, aku tidak tahu apa yang harus aku jelaskan dan bagamaina aku harus menjelaskan sedangkan aku sendiri tidak mengerti dengan apa yang aku rasakan dan yang aku alami saat ini. Namun pada intinya, hanya ada 1, aku takut rasa sayangnya terhadapku berubah, mengapa aku takut ia berubah? Hanya ada 1 jawaban, aku tidak mau kehilangan dirinya, dan jika pada suatu hari berubah, aku ikhlas karena Allah, mungkin itu adalah kehendaknya, aku hanya perlu tetap berjalan, tetap melangkah maju. Namun karena saat ini kita masih bersama, aku hanya bisa berdo’a semoga kita selalu seperti ini selama-lamanya. Aku tidak ingin pengganti dirinya, dan aku juga tidak mau tergantikan baginya. Aku mau hanya kita berdua. Berdua saja. Tidak mau ada yang pergi, dan tidak mau ada lagi selain kita berdua yang datang. Semoga tetap berdua, namun apabila Allah berkehendak lain,  dari berdua bisa bertambah namun,,, Mudah-mudahan tidak berkurang. Aamiin ya Allah.