Koleksi Nasehat Islami Singkat

Khadijah yang duluan mengutarakan rasa dan niat baiknya kepada Muhammad SAW.

Fatimah memilih menyimpan perasaannya kepada Ali, dan terus mendoakannya dalam diam.

Zulaikha berupaya menggoda cinta Yusuf, tetapi Allah menjauhkan Yusuf darinya. Ketika Zulaikha mendekat kepada hidayah cinta Allah, Allah tumbuhkan kecintaan Yusuf pada Zulaikha.

Jalan cinta yang baik itu berlandaskan keimanan. 

Kawan, kalian tahu? Ada makhluk yang sangat pandai berkamuflase. Jika kalian fikir makhluk itu adalah bunglon, kalian salah. Makhluk ini lebih pandai berkamuflase daripda bunglon. Makhluk ini bernama “aku”. Dia berkamuflase dengan cara menjadi soleh ketika dilihat orang, tp menjadi ahli maksiat ketika sendirian. Bahkan lebih dari itu. Dia secara terang-terangan memusuhi syaiton, namun menjasi temannya ketika sendirian. Dia juga pandai menyampaikan, namun tak pandai dalam menjalankan. Banyak orang yang menyukai aku, karena aku ini terlihat sangat soleh, dan sangat pandai menyampaikan. Padahal jika mereka tahu kenyataan yang sebenanrnya, mereka tidak akan mungkij menyukai aku. Aku termasuk kdalam maksiat sejenis MUNAFIK. 

Dear para cowok

Jagalah wanita dengan baik. Jika ia berbuat salah, betulkan, luruskan, ajari dia kebenaran. Jangan kasar, jangan dirusak, dan jagalah perkataanmu agar tidak mentakitinya. 

Ketika kamu melihatnya kesal, kecewa, udah malas senyum tapi bilang “nggak apa apa”, berarti ada yang tidak ia senangi dari kamu. Maka dekatilah dia, minta maaf dan rubahlah sikapmu. 

Jangan di diami, jangan mengedepankan gengsi dan jangan mempertuan keegoisanmu. Jangan sampai nanti dia berkata “yaudah, terserah kamu.”

Jangan mengetuk hati wanita, jika setelah dibuka, kamu masuk dan merusak hatinya yang sensitif itu. 

Jagalah dia karena memang berharga. 

Sebagai cowok yang baik, tanpa dituntut dan diminta, harusnya inisiatif dan harus peka. 

Yah, namanya wanita, sering di judge sebagai orang egois. Padahal dia terlalu sering mengalah, memendam dan pura-pura baik-baik saja. Perhatikanlah dia disaat ia tersenyum padamu, senyum itu mempunyai 2 makna. 1, senyum karena senang melihatmu atau 2, senyum yang hanya dipaksakan untuk menyimpan sebuah ketidaksenangan yang tidak dia ungkapkan. Jika kamu peka, dan jika kamu benar-benar cinta, tataplah dia dengan baik, perhatikan dan pelajari wajahnya, matanya…. kamu akan tahu apakah senyum itu adalah senyum kebahagiaan atau hanya memaksa agar terlihat bahagia.

Rasulullah bersabda: Ahibbal arab li stalasta (cintailah Arab karena 3 perkara:

Li Anni Arabiyyun (Sebab aku nabimu adalah orang Arab), wal Qur’anu Arabiyyun (dan al-Qur’anul karim kitabmu juga dalam bahasa Arab) dan bahasa Arab adalah lugatuli Jannah, lugah ahli jannah (bahasanya ahli surga).

Saudaraku…

Sampai kapan kita bersantai-santai meninggalkan shalat? Sampai kapan kita meninggalkan panggilan Allah? Dialah yang menciptakan aku, kamu, mereka, semuanya hanya untuk beribadah kepadanya. Ibadah adalah tujuan kita diciptakan saudaraku. Sampai kapan kita disibukan oleh perkara dunia? Apapaun aktivitas yang kita lakukan selama didunia, tetap shalat 5 waktu menjadi kewajiban kita. Renungi kembali, kita terlalu sibuk dengan urusan dunia tanpa memikirkan akhirat. 

Jadikan keterbatasan yang mereka miliki sebagai cerminan bagi diri kita untuk meningkatkan kembali kualitas shalat kita. Islam telah memudahkan kita untuk melaksanakan shalat. Dalam keadaan sakit sekalipun, kita bisa melaksanakannya dengan duduk ataupun brbaring. Maka tidak ada alasan untuk meninggalkan shalat kecuali 1. Apa itu? Kematian.

Wallahi saudara…. taubat itu menghapus semua dosa yang pernah kita lakukan. Asalkan kita tobat untuk meninggalkan semua dosa tersebut. Allah berfirman “wahai anak Adam, andaikata engkau datang menjumpai aku dengan hampir sepenuh bumi ini dosa, tapi engkau menjumpai aku dalam kondisi tidak melakukan kesyirikan sedikitpun, maka aku akan datang dengan sepenuh bumi ini, ampunan buat dirimu”.

Makanya kita juga perlu belajar, yang dosa mana yang bukan dosa mana. Kadang kala kita 10 tahun berbuat dosa gak tau, “anaa kira ga papa Ustadz”. Atau gak belajar? Maka pentingnya belajar agama.

Siksa paling ringan di neraka itu dipakaikan kepada mereka terompah dari api neraka. Dan itu cukup membuat otak mendidih. Kita ini semua pasti menginginkan menjadi bagian dari ashabul yamin.  Golongan kaman ialah ashabul jannah. Apa yang bisa memastikan kita atau menjamin kita kelak akan menjadi bagian dari ashabul yamin? Hanya ada satu… yaitu ketika kita menjalani kehidupan didunia yang sementara ini betul betul sesuai misi penciptaan kita oleh Allah swt yaitu ibadah. Imam Malik mengatakan “al ibadatul hiya”. Ibadah itu adalah ta’atullah, taat kepada Allah. “Wahudu’u lahu” tunduk kepadanya. “Wattizamu ma syaroahu minaddin” dan berpegang teguh kepada apa yang disyariatkan oleh Allah didalam agamanya. 

Orang yang Allah benci

Wa izara ‘aita ‘abdi, Dan jika kalian melihat hambaku, laa yazkurunii, tidak zikir kepadaku. Fa anaa hajibtuhu ‘anzalik, maka aku memang sengaja menjauhkan dan mengharamkan dia untuk berzikir kepadaku. Jadi kalau ada seorang hamba lalai dari pada Allah, tidak berzikir kepada Allah, itu karena Allah sengaja, sengaja oleh Allah ditahan, diberikan penghalang oleh Allah untuk tidak bisa berzikir kepadanya. Wa anaa ubu ghidu ( dan kalau ada hambaku yang tidak berzikir kepadaku, aku membencinya. Dibenci oleh Allah 

Rasul saw dalam hadith riwayat muslim bersamba “tsalastatun la yadkhulunual Jannah abada”ada tiga orang yang tidak bakal masuk surga selama-lamanya. Yang pertama, an dayyuts, warrajidan minannisa (dan wanita-wanita yang menyerupai laki-laki) dan yang ketiga wamutminul khamr (orang yang kecanduan minuman keras).

Kita dikasih 7 hari dalam sepekan. Apa anda mau gunakan semua untuk urusan dunia? Anda akan tinggalakan. Meninggal dunia semua akan ditiggalkan. Jadi aneh kalo yang sementara kita kejar2, yang sifatnya abadi tidak disiapkan. Tanyakan pada diri kita dalam 24 jam itu berapa untuk akhirat kita? 

☆. Katanya sayang, kok gitu?

Bukankah lebih baik bagi seseorang itu ditusuk kepalanya dengan jarum besi atau dipukul sampai menembus tulang kepalanya, ketimbang dia harus menyentuh wanita yang belum halal baginya.

Masih banyak loh diantara kita yang bilang sayang, cinta… Tapi masih menjerumuskan dirinya dan orang yang belum halal baginya itu kedalam dosa. 

Mereka bilang akan ngebahagiain Gak akan ngecewain… dan kata2 gombal lainnya yang bersifat modus dan menuruti hawa nafsu agar bisa lebih dekat dengan dia. Sehingga dapat menggenggam tangannya dengan mesra dan menimbulkan suasana romantis.

Ada yang malam minggu mereka keluar,  mencari tempat yang romantis bagi mereka, berpegangan tangan, tatapan, baperan…

Katanya sayang, katanya cinta… kok mau menjerumuskan si dia dalam dosa yang kelak akan diterima balasannya.

Ingat… Kita gak akan hidup selama-lamanya, maka jangan turuti nafsu yang bisa membuat kamu senang yang hanya berlaku didunia aja.

Kalau udah kek gini, pilihannya cuman dua… tinggalkan atau halalkan.
2. Coba teman2 renungkan nih…

Coba dihitung-hitung….

Kita kalo ketemu temen ngomongin dunia, berapa sering? Terus ngomongin Allah berapa sering? 

Coba kita belajar, cari teman yang sefrekuensi dulu. Arti sefrekuensi ini bukan sama2 udah baik, tapi sama2 udah niat pengen memperbaiki diri.

Ajak dia ngomong ttg Allah. Allah tuh baik banget loh… gini gini gini…gini… Allah Allah Allah. Allah aja yang diomongin makin sering itu akan nanemin satu belief, faith, iman dalam hati kita. Sehingga nanti kita ada masalah, diketuk rasa iman itu, cepat baliknya. Kita bilang “udah gapapa, nnti Allah ganti dengan yang lebih baik”. Allah yang ganti gitu, Allah yang ganti. Tenang tuh jadinya,,, karena kita sedang mengetuk kembali imannya disaat dia sedang butuh-butuhnya iman itu. Betarti kita harus cari temen yang mau menasehati kita,  bicara bareng kita ttg kebesaran2 Allah”.
☆. Percuma

Hahaha… percuma lu dakwah. Percuma lu hijrah. Ngasih motivasi segala macem. Nyatanya… lu sendiri aja masih berbuat dosa. Hah? Percuma? Lu bilang percuma? Apa yang percuma? Ga ada kata percuma jika kita menyebar kebaikan. Dan hijrah, kenapa dengan hijrahku? Ada masalah denganmu? Apa aku pernah menyusahkan hidupmu dengan hijrahku? Nggaaaak… terus masalah aku masih berbuat dosa, ya karena aku manusia bukan malaikat. Yang juga masih dalam proses hijrah. Tidak ada manusia didunia ini yang tidak pernah berbuat dosa. Bro… please..  mikir..
☆. Ingat

Ingat…

Apabila timbul keinginan untuk bermaksiat, maka ingatlah satu keinginan yang selalu diucapkan oleh orang2 yg udah masuk ke liang lahad. Orang2 yg meninggal mengatakan wahai tuhanku, kembalikan aku di dunia. Saya berharap bisa kembali ke dunia untuk beramal shaleh saja. Nggak ada orang yg meninggal dunia bro sis berharap kembali untuk berfoya2 bareng teman2nya. Berharap kembali kpd mobil mewahnya, rumah yg megah, pakaian yg mahal, sudah gak ada lagi. Orang kalau sudah mati, selalu harapannya bagaimana saya bisa kembali untuk beramal shaleh. Bagaimana saya bisa kembali untuk menuaikan shalat, puasa, bersedekah dll. Maka saat ini bro sis, mengapa Allah masih membiarkan kita hidup di dunia ini? Karena Allah ingin melihat kita agar selalu beribadah kepada-Nya.

“To Allah we belong and truly, tp jim we shall return” #al-Baqarah 156
☆. Fasik 1

Wama yudillu bihi katsira (banyak yg disesatkan Allah), wayahdini katsira (banyak yang dibri hidayah oleh Allah), ujung ayatnya? wama yudillu fihi ilal faasiqin (yang disesatkan Allah itu orang yang fasik). Orang yg fasik itu siapa? Org yg udah tahu peebuatan itu gak benar, salah, dosa tapi ttp juga dia lakukan, Allah sesatkan dia sekalian sekalian. Kamu jangan kesini, jangan kemari, jangan jangan…. tapi dia ttp saja aaa disesatkan Allah saja. A.. kamu mau disini ya nyasar sekalian. Sebagai apa? hukuman dari Allah swt. Jangan salahkan Allah, bukan org2 baik yang disesatkan Allah tapi orang yg sudah tahu mana haq, mana bathil, mana bngkok mana lurus mana hitam mana putih, tapi dia ttp juga, disesatkan Allah sekalian. Falamma dau (ketika hati mereka berpaling) azawallahu kulu bahu (dipalingkan Allah sekalian hatinya). 
☆. Orang beriman

Kalo ada orang yg setiap azan ke mesjid, sebulan aja misal dijaga sama dia, nnti gak enak tuh sekali aja teelambat 1 rakaat masbuk, apalagi kalo ketinggalan shalat berjamaah, itu luar biasa penyesalannya seperti sebuah gunung yg berat. Dan ini yg kata nabi sallallah alahi wassalam “orang mukmin kalo berbuat dosa keciiil pelanggaran kecil sebenarnya, seperti gunung yg besar diatas punggungnya, beraaat rasanya menyesal kenapa ya, gitu. Sementara orang munafik kalo berbuat dosa besar, dia anggap seperti lalat yg hinggap di hidungnya dan dia usir seperti ini. 
☆. Posting kebaikan

Dia posting lagi shalat, dia posting sedekah, dia posting hal2 yang sifatnya kebaikan, trus kita kayak…suudzon. mempertanyakan sampai akhirnya kita bilang… ah.. nih riya’. Ibadah mah gak usah diposting, dipamerkan. Emang kita tahu isi hatinya? Jangan2 dia memposting itu, niatnya bukan riya, tapi sebaliknya. Niatnya tampilkan sebuah kebaikan dalam Islam. “Sanna sunnatan hasanah” itu artinya menampilkam kebaikan. Jadi bukan melakukamnya swcara rahasia, tapi… sunnah itu artinya sesuatu yang bisa ditiru, sesuatu yg bisa diikutin, sesuatu yg bisa diduplikasi, sesuatu yg bisa dicontoh itu namanya sunnah. Maka “man sanna fil Islami sunnatan hasanah” artinya, siapa yg menampilkan satu kebaikan maka dia memdapatkan pahala dari setiap orang mengikuti kebaikannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s